Pengertian dan Jenis-Jenis Penelitian Kepustakaan (Library Research)



Pengertian Penelitian Literatur (Kepustakaan)

Penelitian Literatur juga sering disebut dengan istilah penelitian Kepustakaan (Library Research). menurut Noeng Muhadjir, penelitian kepustakaan itu lebih memerlukan olahan filosofis dan teoritis daripada uji empiris dilapangan (Noeng Muhadjir, 1996:169). Karena sifatnya teoritis dan filosofis , penelitian kepustakaan ini sering menggunakan pendekatan filosofis (philosophical approach) daripada pendekatan yang lain. Metode penelitiannya mencakup sumber data, pengumpulan data, dan analisis data.

Penelitian Kepustakaan (Library Research)

Jenis-Jenis Penelitian Kepustakaan (Library Research)

Terdapat banyak jenis penelitian Kepustakaan (Library Research). Diantaranya adalah tentang kajian pemikiran tokoh, analisis buku teks, dan kajian sejarah. Berikut keterangan mengenai ketiga jenis penelitian kepustakaan tersebut.

1.    Kajian Pemikiran Tokoh

Penelitian pemikiran tokoh adalah penelitian yang berusaha menggali atau memahami pemikiran tokoh tertentu melalui karya-karya yang ditinggalkannya. Karya yang dimaksud bisa berbentuk buku, surat, pesan atau dokumen-dokumen lain yang menjadi cermin atas pemikirannya. Tetapi, jika tokoh yang dimaksud tidak meninggalkan karya, maka data penelitian harus melibatkan berbagai pihak yang terkait dengan tokoh yang ingin diteliti. Biasanya, peneliti harus mencantumkan alasan akademik yang sangat ilmiah sehubungan dengan ketertarikannya untuk mengkaji pemikiran tokoh tertentu. Salah satu pertimbangan untuk mengkaji tokoh tertentu adalah karya-karya yang ditinggalkannya, nbaik secara kualitas maupun kuantitas. Pertimbangan lain adalah karya tokoh yang bersangkutan dalam kehidupan bermasyarakat, seperti pendiri lembaga pendidikan terkemuka atau sejenisnya. Jadi hampir tidak mungkin penelitian pemikiran tokoh tanpa mengkaji karya-karya orisinil dari tokoh yang diteliti.

Beberapa tokoh yang telah lazim diangkat sebagai penelitian kepustakaan dalam penulisan skripsi maupun tesis adalah Ki Hadjar Dewantara, Muhammad Abduh, Imal Ghazali, Nurcholis Madjid dan masih banyak lagi tokoh kaliber dunia yang selalu menjadi objek penelitian mahasiswa.  

2.    Analisis Buku Teks

Buku teks yang dimaksud disini menakup buku pelajaran (SD, MI, SMA, MA, SMK, dan buku-buku referensi di perguruan tinggi). Penelitian berbasis analisis buku teks terhadap buku-buku pelajaran disekolah biasanya bersifat evaluasi guna mengukur relevansi materi pelajaran dengan perkembangan mutakhir. Sedangkan penelitian kepustakaan terhadap buku-buku referensi diperguruan tinggi lebih bersifat pengembangan atau implementasi teori yang telah ada, dan relevansinya dengan perkembangan zaman sekarang. 

3.    Kajian Sejarah

Hampir seluruh penelitian sejarah selalu menggunakan penelitian kepustakaan dengan teknik pengumpulan data dokumenter. Tetapi, data data dalam penelitian sejarah tidak sebata buku atau karya, melainkan juga benda-benda peninggalan sejarah. Walaupun demikian, penelitian sejarah tidak sebatas mencari tahu peristiwa dimasa lampau, melainkan lebih menitik beratkan pada analisis sejarah yang berusaha mengungkap peristiwa-peristiwa dibalik bukti-bukti sejarang yang ada.

Penelitian sejarah tidak sebatas mencari tahu peristiwa dimasa lampau, melainkan lebih menitikberatkan pada analisis sejarah yang berusaha mengungkap peristiwa-peristiwa di balik bukti-bukti sejarah yang ada.  

1 Komentar untuk "Pengertian dan Jenis-Jenis Penelitian Kepustakaan (Library Research)"

Back To Top